Selasa, 24 Maret 2015

6 MAKANAN PEREDA MUAL SAAT HAMIL

Sekitar 70% ibu hamil mengalami kondisi mual muntah atau sering disebut morning sickness. Keadaan ini memang seringkali muncul pada pagi hari saat bangun tidur. Namun tidak menutup kemungkinan morning sickness terjadi pada saat siang, sore atau malam. Morning sickness biasanya muncul pada trimester pertama kehamilan.  Atau pada masa kehamilan memasuki usia empat atau enam minggu. Kemudian morning sickness akan mereda pada masa kehamilan memasuki usia 12 dan 14 minggu. Namun ibu hamil tak perlu khawatir karena morning sickness bisa dikatakan kondisi kehamilan yang baik.

Morning sickness lumrah terjadi pada ibu hamil karena kadar progesteron di awal kehamilan meningkat. Sementara kadar gula darah dan pergerakan usus mengalami penurunan. Nah penurunan kadar gula darah ini terjadi lebih cepat selama kehamilan  karena ibu hamil juga harus memberikan makan kepada janin. Bahkan beberapa kasus berlanjut disertai dengan muntah. Jangan sampai nih morning sickness mengganggu pola makan ibu hamil. Karena kandungan gizi yang optimal sangat dibutuhkan untuk perkembangan ibu dan si janin.

Morning sickness juga bisa diatasi dengan melakukan beberapa upaya berikut. Pastikan kondisi kamar tidur mendapat udara segar. Bau pakaian kotor juga bisa menimbulkan rasa mual. Jika morning sickness terjadi pada pagi hari, ketika bangun tidur coba bangun secara perlahan sekitar 5-6 menit (jangan bangkit secara mendadak). Konsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering dan hindari makanan berlemak dan berminyak. Untuk meredakan mual muntah ibu hamil bisa mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini :

1.    Roti Bakar atau roti panggang
Boleh diolesi selai tapi jangan menggunakan margarin atau mentega. Konsumsi makanan kering sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness. Hindari makanan yang berminyak atau gorengan. Gejala mual muntah kerap muncul akibat rangsangan makanan berupa cairan atau berminyak.

2.    Biskuit
Biskuit sangat cocok sebagai camilan yang mampu mengurangi rasa mual. Makanan kering ini mengandung karbohidrat yang bisa dikonsumsi selama hamil. Sediakan biskuit didekat tempat tidur dan konsumsi sebelum turun dari tempat tidur.  

3.    Air jeruk
Selama masa kehamilan cairan dalam tubuh harus tetap terpenuhi. Terutama ketika morning sickness. Bila ibu hamil merasa dehidrasi, mual akan semakin menjadi. Konsumsi air putih sesering mungkin diantara waktu makan. Namun jangan disaat makan karena dapat menimbulkan rasa kenyang palsu. Air jeruk, lemon dan minuman berkarbonat cukup bermanfaat jika diminum pada saat mual. Lemon mampu menjaga kelembapan tubuh sehingga tidak mudah kehilangan cairan.

4.    Popcorn
Popcorn sangat populer sebagai camilan ringan saat nonton tv. Namun ternyata popcorn juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Popcorn bisa memberikan tambahan protein serta asupan nutrisi yang cukup besar dan mudah dikonsumsi. Popcorn juga mengandung serat tinggi seperti sayur dan daging.
 
5.    Pisang
Buah yang satu ini mampu meningkatkan energi dan mengurangi rasa mual. Pisang juga cukup ampuh mengatasi masalah pencernaan yang terjadi selama kehamilan.

6.    Jahe
Beberapa penelitian di Australia menunjukkan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi mual. Jahe juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan janin. Cara yang paling populer adalah dengan dibuat minuman jahe atau mengkonsumsi permen jahe untuk mengurangi rasa mual. 

0 komentar: