Jumat, 06 September 2013

TUMPENG, GAMBARAN EMPAT SEHAT SEMPURNA


Tumpeng sudah sangat dikenal oleh masyarakat. Ya makanan ini punya ciri khusus dihadirkan saat upacara selamatan tradisional. Tumpeng memiliki filosofi yang mewakili kultur budaya Indonesia. Tak heran bila akhirnya pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menetapkan tumpeng sebagai ikon kuliner Indonesia.

Menurut Achyaruddin Direktur Pengembangan Wisata Minat Khusus, Konvensi, insentiv, dan Event, terpilih 72 menu kuliner Indonesia, kemudian dikerucutkan lagi menjadi 30. Dari 30 kuliner kemudian dipilih masakan utama. “Kita menginginkan makanan yang bisa mewakili semua daerah. Semua sepakat tumpeng karena dalam setiap acara selalu potong tumpeng” katanya.

Tumpeng banyak dikenal sebagai makanan otentik Jawa. Tinggi, berbentuk kerucut ibarat hubungan manusia dengan alam sekitar dan ikatan tertinggi (pucuk tumpeng) dengan sang pencipta. Namun ada pula yang melambangkan sebagai kondisi geografis Pulau Jawa yang banyak dikelilingi oleh gunung.

Menurut penyajiannya tumpeng didampingi dengan sayur dan lauk-pauk. Diletakkan pada sebuah nampan yang telah dilapis daun dengan lauk-pauk dan sayuran di bagian atas. Tidak ada lauk-pauk baku yang menyertai tumpeng. Namun pilihannya menyimbolkan sesuatu seperti lauk pauk dari darat dan laut.

Lauk-pauk darat haruslah dari darat seperti ayam, sapi, kambing. Begitu pula dengan lauk-pauk laut seperti olahan ikan. Tak lupa tumpeng dipadu dengan olahan sayur mayur. Hal ini mengisyaratkan bahwa kita dapat hidup harmonis dalam masyarakat.

Biasanya nasi dalam bentuk kerucut dibuat dengan dua warna yaitu putih dan kuning. Warna putih dibuat untuk acara sakral, sedangkan kuning sebagai lambang rasa syukur kepada sang pencipta. Menurut adat, potongan pertama bagian atas kerucut diberikan kepada orang yang dituakan sebagai lambang penghormatan.

Tumpeng memang belum memiliki bahan makanan baku. Namun beberapa makanan ini sangat umum muncul dalam tumpeng. Seperti berkedel, oseng tempe, sambal, ayam goreng, serta kudapan.


Sebagai ikon kuliner tumpeng memiliki syarat bahannya mudah didapat, mudah dibuat dan cita rasa yang mudah diterima oleh semua kalangan. Disamping itu tumpeng memiliki gambaran sebagai makanan empat sehat sempurna. “Selain bahan bakunya harus jelas, juga dicari nutrition facts nya” tambahnya.   

0 komentar: