Selasa, 03 September 2013

KULINER, WARISAN BUDAYA INDONESIA


Cita rasa otentik, itulah ciri khas dari masakan Indonesia. Ragam kuliner Indonesia begitu menarik untuk diangkat ke ranah Internasional. Sebagai bentuk pelestarian masakan Indonesia, rasa cinta dan kebanggaan harus muncul dari setiap masyarakat.

Cara paling mudah adalah mengembalikan dasar dari terbentuknya cita rasa masakan otentik dari dapur rumah tangga. Menurut William Wongso pakar kuliner Indonesia, langkah nyata mengangkat citra masakan Indonesia adalah dari rumah khususnya bagi ibu rumah tangga. Selain belum munculnya chef profesional yang mampu mengolah masakan Indonesia secara khusus, masakan Indonesia jauh lebih sehat karena diolah sendiri.

“Selama makanan menarik, konsisten dan bersih marketing masakan Indonesia gampang” kata William.

Disamping itu bentuk rasa cinta juga dapat diungkapkan saat memperkenalkan masakan Indonesia sesuai dengan nama aslinya. Seperti yang makanan Jepang yang memang dikenal dengan nama sushi. Begitupun dengan tumpeng, perkenalkan sesuai dengan tumpeng, tak perlu mencari sinonim lain agar dimengerti oleh bangsa asing.

“Seorang anak kecilpun akan bilang sushi untuk memesan makanan Jepang, bukan raw fish” ungkapnya. Harapan kedepan Indonesia bisa lebih mengeksplore kuliner Indonesia sebagai cerimin warisan keanekaragaman Indonesia di dunia.  

0 komentar: