Rabu, 04 September 2013

DIBALIK RAGAM KULINER INDONESIA


Makanan Indonesia tak hanya mengenalkan cita rasa, namun juga pemahaman memasak melalui pendekatan kultur budaya Indonesia. Ditengah maraknya makanan siap saji, tradisi makanan Indonesia harus memiliki nilai positif yang bisa dikembangkan layaknya makanan Internasioanl. Pengetahuan masyarakat akan makanan sehat sangat penting untuk mengenal ragam Indonesia secara menyeluruh.
Seperti melinjo misalnya yang memiliki banyak manfaat mulai dari daun, bunga, biji hingga kulitnyapun bisa dimanfaatkan. Bijinya bisa dimanfaatkan untuk sayur asem. Disamping itu melinjo mengandung antioksidan yang diperoleh dari hasil konsentrasi protein tinggi.

Yang perlu diperhatikan adanya purin pada melinjo. Untuk menghindari terbentuknya asam urat dapat diantisipasi dengan tidak mengkonsumsi melinjo secara berlebihan.
Santan identik dengan bahan makanan yang mengandung lemak. Namun yang perlu diketahui santan mengandung lemak berupa omega 3 dan 6 yang dinamakan lemak sehat. Dan tubuh membutuhkan lemak dalam jumlah tertentu untuk kerja organ tubuh.  

Menurut William Wongso jika banyak orang yang telah memiliki pengetahuan healthy cooking ala Indonesia, semuanya tak akan khawatir dengan makanan khas Indonesia.
Cita rasa otentik menjadi penanda penting dalam dunia kuliner. Selain itu cita rasa menjadi ciri khas khusus yang bisa mengangkat kuliner Indonesia. Kunci kekuatan rasa Indonesia adalah bumbu dan rempah-rempah hasil pertanian. Rempah-rempah Indonesia memiliki kualitas rempah-rempah terbaik.

Beribu-ribu tahun lamanya rempah-rempah menjadi bagian cita rasa kuliner Indonesia yang tak boleh ditinggalkan. Hal itu pula yang membawa Indonesia mejadi negara jajahan negara Eropa di abad 15-16. Aroma khas rempah-rempah membawa daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner.  

Kuliner Indonesia barawal dari makanan rumahan yang kemudian naik tahta menjadi makanan kaki lima. Bila tak dilestarikan kuliner hanya akan bertahan di kaki lima. Untuk lebih berkembang diperlukan strategi pemasaran yang baik serta manajemen penyajian makanan yang benar.

Hal yang paling mudah dan pentingpu seringkali dilupakan. Seperti mencuci makanan sebelum digunakan. Serta menjaga kebersihan dari tempat pengolahan makanan. Makanan tak cukup hanya enak tapi juga sehat dan higienis

0 komentar: