Sabtu, 21 Maret 2015

NAKED CAKE, WEDDING CAKE RENDAH GULA DAN LEMAK


Tren wedding party saat ini memang nggak lagi mengandalkan pernikahan mewah dengan banyaknya tamu undangan. Jika tahun lalu gedung pernikahan banyak mendominasi, namun kali ini wedding party lebih banyak memilih tema pernikahan dengan nuansa kebun, pantai ataupun bergaya vintage. Konsep wedding dengan tema tertentu biasanya hanya dihadiri oleh kerabat terdekat dan lebih terkesan private. Konsep ini tentu cocok dengan naked cake yang saat ini sedang marak di Amerika.

Awalnya Naked cake berasal dari Momofoku Milk Bar, bakery di New York dan Toronto. Chef Christina Tosi punya alasan khusus untuk membuat kue ini. Menurut pendiri Momofoku ini, cake dengan tekstur bagus dan rasa enak tak harus disembunyikan dengan olesan. Ia justru merasa tertantang untuk “menelanjangi” kue ini. Sedangkan pemilik bakery di Brooklyn, Alana Jones-Mann juga seringakali mendapat banyak pesanan untuk naked cake. Masih ingat dengan pernikahan Angleina Jolie dan Brad Pitt yang digelar tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga dekat? Nah saat pernikahan, Anglina juga menggunakan naked cake untuk acara wedding party-nya  hingga membuat kue ini semakin populer.

Di Indonesia sendiri banyak orang menghindari wedding cake. Alasannya wedding cake memadukan banyak hiasan berupa permen, krim, fondant untuk membuat makanan tampil cantik.  Cita rasa wedding cake yang manis tak bisa begitu saja dinikmati karena kandungan gula yang tinggi. Selain itu cake-nya sendiri rata-rata sudah memiliki rasa manis. Hadirnya naked cake tentu bisa menjadi pilihan menarik untuk mengurangi kandungan gula dan lemak pada makanan. Tren kuliner tahun 2015 ini juga nunjukin kalau banyak orang yang lebih memilih makanan sehat untuk dikonsumsi.

Hiasan yang terdapat pada naked cake memang terlihat minimalis. Kue ini banyak memanfaatka hiasan alami seperti buah-buahan segar dan bunga segar yang bisa dimakan. Untuk memadukan cita rasa cake yang tidak terlalu manis bisa mengandalkan hiasan buah segar yang memiliki rasa yang kuat. Agar cita rasa cake dan buah bisa lebih menyatu. Pemilihan buah segar sebagai hiasan tentunya lebih banyak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Naked cake tampil lebih sederhana namun tetap alami dan elegan. Oleh karena itu, naked cake cocok untuk wedding party di kebun, pantai ataupun dengan gaya vintage seperti pedesaan masa lalu di Inggris. Kue ini tampak lebih apa adanya tanpa polesan sehingga layernya bisa terlihat dan dibuat tidak terlalu tinggi. Naked cake juga tak banyak mengandalkan hiasan sehingga mengandalkan kreatifitas untuk membuat kue ini. Perpaduan warna asli cake harus disesuaikan dengan hiasan yang digunakan. Kualitas cake juga tetap perlu dijaga. Cake sendiri tidak memiliki bahan pelindung sehingga mudah kering saat dibiarkan lama. Dianjurkan untuk menumpuk cake  maksimal 24 jam sebelum disajikan agar kelembapan cake tetap terjaga.

Meskipun terkesan sederhana, namun siapa sangka bahwa harga yang ditawarkan untuk naked cake justru jauh lebih mahal. Karena hiasan yang digunakan semua adalah hiasan alami yang bisa dimakan. Oleh karena itu bagi kamu yang berminat tentu harus mengeluarkan kocek lebih mahal.                   

0 komentar: