Selasa, 01 November 2016

INILAH 5 ALASAN MENGAPA KAMU TIDAK BOLEH MENINGGALKAN SARAPAN PAGI


Banyak wanita belum menyadari tentang pentingnya sarapan pagi sebelum beraktivitas. Kesibukan yang melanda di kantor membuat mereka tak punya cukup banyak waktu sehingga lebih memilih  mengabaikan sarapan pagi. Tidak hanya itu beberapa wanita terkadang juga memilih tidak makan pagi hanya untuk mencegah peningkatan berat badan. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar bila kamu mendapat informasi yang tepat tentang pentinganya sarapan pagi. Kamu juga tidak diperbolehkan mengawali hari dalam keadaan perut kosong. Pekerjaan justru akan terbengkalai karena tidak bisa fokus akibat perut kosong dan tidak adanya makanan yang masuk ke tubuh di pagi hari. Yuk, simak manfaat sarapan pagi sebelum beraktivitas. 

1.      Meningkatkan Energi
Pernahkah kamu merasa lemas saat pagi hari? Hal ini bisa terjadi karena tidak sarapan pagi sehingga membuat energi mudah sekali turun. Perhatikan juga pemilihan bahan makanan yang tepat. Mengonsumsi makanan tinggi serat dan rendah energi akan memiliki tenaga lebih banyak dibandingkan dengan mengonsumsi makanan tinggi lemak. Hindari juga menunda makan pagi yang justru akan membuatmu sulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
 ©shutterstock

1.      Menurunkan Berat Badan
Bukan tidak mungkin sarapan dapat membantu menurunkan berat badan. Setelah berpuasa semalaman tubuh harus mendapatkan asupan makan untuk menghasilkan energi. Sarapan pagi juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran di dalam tubuh jadi lebih efisien. Selain itu, bila sarapan pagi diabaikan maka porsi makan siang akan menuntut lebih banyak. Porsi makan yang lebih besar justru akan lebih mudah disimpan dalam bentuk timbunan lemak. Namun, saat sarapan sebaiknya pilih kombinasi karbohidrat dan protein yang baik. Seperti jenis karbohidrat kompleks yaitu oatmeal ataupun roti gandum.

1.      Meningkatkan Kemampuan Otak
Bila kamu akan melakukan presentasi di pagi hari sebaiknya sempatkan sejenak untuk sarapan pagi. Saat bangun pagi sebagian besar energi dalam bentuk glukosa dan glikogen habis untuk hari sebelumnya. Otak membutuhkan bahan bakar berupa glukosa untuk meningkatkan performanya. Untuk itu sarapan pagi sangat dianjurkan dalam meningkatkan kinerja otak dan memudahkan dalam berpikir.

1.      Menurunkan Kadar Kolesterol
Penelitian American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa seseorang yang meninggalkan sarapan pagi memiliki tingkat kolesterol yang buruk. Penelitian tersebut mengungkap secara lebih terperinci bahwa wanita yang sarapan mengonsumsi 100 kalori lebih sedikit daripada saat tidak sarapan. Dimana kolesterol total dan kolesterol LDL pada saat sarapan lebih rendah daripada saat tidak sarapan. Hal ini juga berkaitan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung.

1.      Mengontrol Kadar Gula Darah
Tak hanya menurunkan kadar kolesterol, sarapan juga dapat mengontrol kadar gula darah. Seseorang yang sarapan setiap hari kadar gula darahnya cenderung stabil dan lebih mampu untuk mengontrol nafsu makan. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bila melewatkan sarapan pagi dapat membuat glukosa kurang efisien serta mengurangi kemampuan glukosa untuk mengubah gula menjadi energi. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan penderita Diabetes tipe dua.

Nah, itulah alasan mengapa sarapan pagi sangat penting. Bila tidak punya banyak waktu untuk sarapan kamu bisa membawa sarapan yang praktis seperti roti isi dan susu ke kantor. Jadi, mulai sekarang sebaiknya kamu tidak meninggalkan sarapan pagi sebelum ke kantor ya.

0 komentar: