Minggu, 14 Juni 2015

TIPS BELANJA BAHAN MAKANAN SEBELUM PUASA

Tips belanja, bahan makanan, puasa, belanja makanan

Bulan Ramadhan sudah makin dekat. Bahan makanan apa aja nih yang perlu disiapin buat persediaan puasa nanti. Harga bahan makanan masuk bulan puasa dipastikan bakal naik. Keadaan ini udah jadi jadwal rutin di Indonesia. Karena alesan ini biasanya para ibu udah nyiapin semua keperluan untuk puasa jauh-jauh hari sebelumnya. Selain mengantisipasi harga bahan makanan yang mendadak naik, bisa juga ngindarin antrian panjang di swalayan pas puasa.

Nggak kebayang kan saat puasa kita harus antri panjang. Khusus bahan makanan kering seperti beras, minyak goreng, bumbu kering bisa dibeli jauh-jauh hari. Biasanya beberapa bahan makanan yang sering ngalamin kenaikan harga yaitu beras, telur, gula pasir, minyak goreng, cabai, bawang merah, bawang putih dan daging.

Saat ini produk holtikultura bawang merah lagi ngalamin kenaikan harga yang cukup drastis. Kenaikan harga bawang merah ternyata bisa sampai dua kali lipat. Penyebabnya terjadi karena pada saat bersamaan produk bawang merah lagi masuk musim tanam.

Kenaikan harga bahan makanan ini biasanya dipicu sama perubahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Selain itu juga karena mengalami peningkatan biaya produksi pangan dari tingkat petani akibat mundurnya musim tanam. Jadi penting loh buat nyiapain keperluan jauh-jauh hari. Tapi tetep barang yang dibeli juga nggak perlu berlebihan.

1.      Beli sesuai kebutuhan
Bahan makanan tertentu kayak minyak goreng, gula dan beras punya masa simpan yang lebih lama. Bahan makanan jenis ini bisa bertahan sampai satu bulan kedepan. Meski punya masa simpan yang lebih lama tapi kita juga harus merhatiin jumlah kebutuhan. Barang terlalu lama disimpan juga nggak bagus. Tempat penyimpanan juga harus bersih agar bahan makanan nggak mudah rusak.

2.      Manfaatkan diskon dan promo
Mendekati hari raya gini banyak toko bahkan swalayan yang ngadain promo belanja atau diskon. Kesempatan ini nih yang bisa dimanfaatin untuk ngedapetin harga bahan makanan murah. Untuk promo kita bisa beli barang lebih dari satu dengan harga murah. Keuntungan punya kartu member harga bisa dapet potongan lagi. Promo atau diskon biasanya udah disebar jauh-jauh hari lewat media cetak, media eletronik maupun media sosial.

3.      Cek tanggal kadaluarsa
Saat diskon dan promo bertebaran kita seringkali lupa buat ngecek tanggal expired. Ini penting loh apalagi banyak bahan makanan yang didiskon biasanya mendekati tanggal kadaluarsa. Kalau bahan makanan masih ingin disimpan dalam waktu beberapa bulan, sebaiknya pilih tanggal kadaluarsa yang lebih lama. Tapi kalau ingin segera dikonsumsi dalam waktu dekat, promo buy 1 get 1 free bisa dimanfaatin.

4.      Beli di pasar tradisional
Untuk bahan makanan segar seperti ikan, daging, telur, sayur sebaiknya beli di pasar tradisional. Bahan makanan jenis ini lebih fresh dan bakal terus ganti tiap hari di pasar tradisional daripada di pasar swalayan. Tapi tetep aja kita harus pinter-pinter milih jenis ikan yang segar. Kita bisa belanja di pasar tradisional untuk keperluan makan beberapa hari kedepan. Simpan bahan makanan segar pada lemari es atau freezer biar lebih tahan lama. 

5.      Catet keperluan
Pas belanja kita seringkali lupa. Apalagi kalau udah nemuin promo atau diskon dan mendadak keranjang belanja udah penuh. Nah ini perlu jadi perhatian nih karena kita seringkali nggak sadar kalo udah banyak masukin bahan makanan apalagi kalau diskon. Sebaiknya catet keperluan belanja yang memang kita butuhkan. Selain berlebihan keadaan ini bikin kita merogoh kocek makin dalem.

0 komentar: