Senin, 17 Maret 2014

DESSERT POPLUER DI TAHUN 2014


Beberapa tahun terakhir dunia pastry tengah naik daun. Kreasi hibrida dari dua jenis makanan dessert menghasilkan makanan super lucu yang namanya diambil dari dessert acronym asalnya. Para praktisi juga telah memprediksi bahwa makanan hibrida akan sangat popular di tahun 2014. Keberadaan cronut jadi awal insprasi terbentuknya menu-menu baru yang kini mulai populer di dunia. Yuk simak apa saja kreasi hibrida yang kini mulai bermunculan.
CRONUT
Sejak pertama kali diluncurkan, cronut buatan Dominique Ansel membuat pensaran banyak pengunjung yang rela antri sebelum tokonya di buka. Cronut jadi awal terbentuknya kreasi hibrida lain yang diprediksi populer di tahun ini. Dominique memperkenalkan kombinasi setengah croissant dan setengah donat di Manhattan, New York tahun lalu.
Cronut dibuat dari lapisan adonan croissant tipis yang digoreng hingga kecokelatan. Kemudian setelah menjadi cronut  dilumuri dengan rose sugar dan diisi dengan krim vanilla Tahitian. Bagian atas kemudian diberi rose-flavoured glaze dan ditambah flourish sebagai garnish.
CROOKIE
Penemuan ini lahir dari Clafouti Patisserie di Toronto oleh Oliver Jansen-Reynud’s. Crookie merupakan perpaduan dari cookies dan croissant. Bahannya berasal dari adonan croissant berisi double oreo yang telah dihancurkan dan gula. Tambahkan setengah oreo dan gula dibagian atas agar terlihat lebih alami sebelum dimasukkan ke oven.


TOWNIE
Townie hasil dari persilangan tart dan brownies dengan isian lembut bagian dalam sekaligus kulit luar yang renyah. Bea Vo seorang chef terkenal asal London memperkenalkan townie di Bea’s of Bloombsbury. Townie merupakan hasil kreasinya bersama penulis makanan, Victoris Stewart dari situs London Evening Standard.  

DUFFINS
Kombinasi muffin dan donat ini pertama kali toko bakery kecil di London, Bea’s Bloomsbury. Namun di Starbucks menu ini sering menjadi pendamping minuman panasnya. Duffin memiliki rasa raspberry sekaligus nikmatnya rasa nutmeggy.  

CHERPUMPLE
Cherpumple dibuat menyerupai layer cake yang sebelumnya telah dipanggang. Seperti namanya cherpumple, bagian isi terdiri dari cherry, pumpkin dan apple pie. Menurut Charles Phoenix makanan ini cocok disajikan sebagai dessert di hari libur.

CRODOUGH
Crodough hasil kreasi dari croissant dan donat yang banyak disukai anak-anak. Salah satu toko bakery Rinkoff mengkreasikan crodough dengan menambah tiga bahan yaitu custard, raspberry dan remahan permen apel.

RAMEN BURGER
Jika di negara barat cronut jadi inspirasi terbentuknya makanan hibrida, kali ini Keizo Shimamoto mengkreasikan burger dengan ramen. Menu ini dibuat dengan mempergunakan mie yang digoreng sebagai pengganti roti bun. Ramen burger bisa jadi kreasi unik sebagai pengganti karbohidrat bila bosan menyantap burger dengan roti bun.
WAGGLE 
Gak cuman Townie yang ada di Bea’s of Bloomsbury. Ada waggle hasil kombinasi dari bagel dan waffle. Bea’s of Bloomsbury sengaja membuat waggle karena dapet tantangan dari Koran London’s Evening Standard membuat kreasi dessert.  
CRAGEL

Cragel pertama kali disajikan di The Bagel Store, toko bagel asal Brooklyn, Amerika Serikat. Cragel berasal dari campuran croissant dan bagel. Menurut sang pemilik, Scot Rosillo penjualan cragel semakin lama semakin meningkat. Hasil kreasi croissant dan bagel memiliki tekstur lebih lembut dari bagel dan lebih padat dibandingkan croissant. Cragel bukan lagi dessert karena bisa dinikmati sebagai sarapan loh. Cragel bisa dikreasikan dengan berbagai selai atau isi lainnya yang lebih kreatif. 

0 komentar: