Kamis, 09 April 2015

TIPS MAKANAN SEHAT SAAT NAIK GUNUNG

Tips makanan sehat saat naik gunung

Selain kesehatan fisik, makanan sehat merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat mendaki gunung. Tubuh membutuhkan asupan gizi yang cukup selama pendakian, apalagi ditengah cuaca yang kurang bersahabat. Asupan makan yang terpenuhi dapat meningkatkan energi dan memacu semangat untuk sampai di puncak. Bekal makanan yang dibawa hendaknya memang tak sekedar praktis tapi juga memenuhi kebutuhan zat gizi. Kondisi cuaca dan iklim gunung tentu berbeda dengan kondisi dibawah. Keadaan ini juga berpengaruh terhadap masa simpan makanan. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan makanan bergizi yang akan dibawa saat mendaki gunung.

Gunung Semeru menjadi tempat yang paling sering dikunjungi pendaki gunung. Ketinggiannya mencapai 3,676 diatas permukaan laut. Suhu udaranya sendiri berkisar 00C -40C. Suhu rata-rata 30C - 80C pada malam dan dini hari. Sedangkan pada siang hari berkisar 150C -210C. Pada musim kemarau suhu udara di puncak Semeru bahkan lebih dingin daripada musim dingin. Biasanya udara dingin akan semakin meningkat mulai tengah malam hingga menjelang subuh. Sedangkan pada musim dingin justru kecenderungan dingin akan berkurang.

Suhu di atas gunung yang tinggi tentu berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Saat berada di puncak gunung tubuh cenderung kedinginan bahkan menggigil. Kondisi ini seringkali menurunkan kekebalan tubuh yang bisa menghambat aktivitas. Dalam keadaan seperti ini PH darah cenderung lebih asam (rendah). Untuk meningkatkan PH darah dalam kisaran normal sebaiknya konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein dan lemak. Kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang bisa menjadi pilihan sebagai sumber protein terbaik. Tentunya kacang-kacangan selain mudah dibawa juga lebih tahan lama.

Beberapa anggota tubuh seperti tangan dan kaki paling cepat merasakan dingin. Karena lemak pada jari lebih sedikit daripada anggota tubuh yang lain. Daging merupakan sumber lemak yang baik. Namun, dalam perjalanan kali ini untuk membawa daging dalam kondisi segar tentu tidak memungkinkan. lebih baik bila dimasak terlebih dahulu dibuat rendang atau yang lebih praktis adalah abon daging. Mie instan selain simpel dan praktis, kuah hangatnya bisa menghangatkan tubuh. 

Ketika mendaki gunung kebutuhan energi meningkat mencapai 50% daripada keadaan normal. Konsumsilah makanan yang berenergi tinggi seperti roti, biskuit, oat dan cokelat. Roti selai kacang makanan terbaik yang bisa dibawa saat mendaki gunung. Selain roti yang mengandung karbohidrat, selai kacangnya menyimpan protein tinggi. Sehingga dapat menjaga otot tetap kuat dan bekerja dengan baik selama pendakian.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa cokelat dapat memulihkan energi. Rasa manis pada cokelat dapat menghilangkan lelah. Sedangkan kandungan kafein didalamnya dapat memacu semangat dan lemaknya berfungsi sebagai bahan bakar. Bawalah buah-buahan yang mudah dibawa seperti apel dan pir. Pilih buah yang praktis dan tidak memberatkan. Selain itu sayuran hijau seperti bayam juga berkhasiat menjaga tubuh tetap hangat karena kandungan zat besi yang terdapat didalamnya.


Selama pendakian kinerja otot akan semakin meningkat. Air berperan besar dalam darah mengandung 83% cairan lambung hormone, enzim dan otot yang menjaga otot tetap berkontraksi. Untuk itu bawalah air sesuai dengan kebutuhan agar tidak dehidrasi selama pendakian. 

0 komentar: