Senin, 07 April 2014

VARIASI MENU SARAPAN SESUAI KEBUTUHAN KALORI


Banyak hal yang membuat orang seringkali melewatkan sarapan pagi. Salah satunya adalah tidak sempat menyiapkan sarapan pagi karena harus berangkat pagi ke kantor. Tapi tahukah kamu bahwa sarapan punya banyak manfaat? Ya sarapan memiliki banyak manfaat untuk menunjang segala aktifitas sepanjang hari.

Sarapan pagi bermanfaat untuk memberikan energi. Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari agar tetap fit dan tidak mudah lelah. Selain itu bila Anda menghilangkan sarapan pagi justru akan memperburuk keadaan selama di kantor. Karena sarapan pagi justru mampu membantu menyegarkan otak.

 Pada umumnya otak juga membutuhkan nutrisi yang diperoleh dari sarapan pagi. Saat otak mendapat nutrisi, otak mampu berfikir lebih baik dan cepat. Oleh karena itu sarapan pagi mampu meningkatkan konsentrasi Anda selama berada di kantor.  

Kebutuhan tubuh untuk sarapan pagi setiap orang berbeda-beda. Secara persentase sarapan pagi yang dibutuhkan sekitar seperempat makanan yang dikonsumsi sehari atau sebesar 300-400 kalori dari 1500-1700 kalori yang dibutuhkan tubuh per hari.

Tak perlu repot menyiapkan menu untuk sarapan pagi. Anda hanya butuh untuk merancang menu sehat untuk sarapan agar lebih bervariasi dan tidak membosankan. Bila perlu sekalian saja merancang menu selama seminggu agar lebih mudah.

Ingat sarapan pagi tidak bisa sembarangan karena komposisi makanan ideal harus mencukupi kebutuhan tubuh baik karbohidrat, protein, lemak, buah dan sayur. Minum teh saja sebagai sarapan tak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh di pagi hari. Bila hobi minum teh lebih baik tambahkan karbohidrat sebagai padanannya.

Ada banyak variasi makanan sehat yang bisa Anda ciptakan sendiri di rumah agar tubuh lebih fit dan prima dengan sarapan pagi. Berikut beberapa variasi menu sarapan pagi yang mudah dan praktis :

1.      Roti tawar, susu dan buah
Menu satu ini memang sangat praktis bila Anda terburu-buru ke kantor. Cukup siapkan roti yang telah diolesi selai kacang, buah dan jangan lupa susu. Anda bisa memilih buah pisang yang mengandung serat, vitamin C serta kalium.

2.      Omelet sayuran
Omelet bisa jadi menu andalan yang mudah dan praktis. Cukup mudah membuatnya, campurkan telur dengan beberapa sayuran seperti seperti wortel, kacang polong, tomat dan sayuran lain yang Anda suka. Satu butir telur mengandung 70 kalori dan bisa memenuhi 13% kebutuhan protein tubuh.

3.      Oatmeal
Oatmeal yang berasal dari gandum sangat baik untuk sarapan. Oatmeal adalah salah satu makanan rendah kalori dan bisa jadi menu andalan untuk menurunkan berat badan.

4.      Salad buah
Bila memiliki banyak buah-buahan dalam kulkas, Anda bisa membuat salad buah untuk sarapan. Menu ini sangat baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet untuk mengkonsumsi makanan sehat. Dressingnya bisa menggunakan perasan lemon atau jus orange dengan sedikit garam. Tunggu 10 hingga 15 menit sarapan siap disajikan.  

5.      Salad sayuran
Tak jauh beda dengan salad buah, Anda bisa menggunakan beberapa sayuran yang Anda suka untuk membuat salad sayuran.

6.      Sandwich dan susu
Agar lebih sehat Anda bisa menggunakan roti gandum untuk membuat sandwich. Gandum mengandung banyak serat yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama hingga jadwal makan siang tiba. Tambahkan telur, selada dan tomat layaknya membuat sandwich dan jangan lupa susu.  

0 komentar: