Jumat, 11 April 2014

YUK JALAN-JALAN DAN KULINER DI MALIOBORO PART 2


Nikmatnya Lumpia Malioboro
Jujur saja ini baru pertama kalinya saya mencoba lumpia Malioboro. Hanya karena teman saya yang sedang hamil ingin dibawakan lumpia Malioboro yang terkenal enak. Letaknya berada di sudut depan Hotel Mutiara. Banyak orang menyebutnya lumpia Samijaya karena tempat mangkalnya juga berada tepat di depan toko Samijaya.

Saat tiba ditempat, ucapan teman tentang lumpia Malioboro yang terkenal enak seperti terbukti. Dengan banyaknya wisatawan yang antri menanti tempat duduk. Tempatnya masih sama dengan nasi pecel Bringharjo. Namun kali ini dengan sebuah gerobak dan wisatawan duduk di kursi plastik sekitar trotoar. Seolah tak pernah sepi, setiap pembeli beralih pergi pasti kursi akan terisi lagi.

Bila berniat makan ditempat, memang harus sabar menanti kursi kosong. Lumpi tersedia tiga pilihan yaitu lumpia biasa, ayam atau spesial. Lumpia biasa berisi campuran sayuran sedangkan lumpia ayam berisi campuran sayuran ditambah daging ayam. Bila ingin yang spesial berisi campuran sayuran, daging ayam dan telur puyuh.


Berbeda dengan lumpia biasanya, bagian kulitnya tidak digoreng terlalu lama. Bagian tengahnya lebih basah dan bagian pinggirnya sedikit kering. Lumpia disajikan dalam piring kecil, bagian atas diberi saus bawang putih dan tak lupa pendampingnya yaitu acar dan cabai. Biar makin pas dan pedas.

Saat digigit emm… sedikit lunak dan krispi karena tidak digoreng terlalu lama. Dan bagian isi wortel, cambah berpadu nikmat dengan saus bawang putihnya mampu menggoyang lidah. Biar makin pas dan menggugah selera jangan lupa acar dan cabainya. Mantappppp…..


Lumpia ini bisa jadi rekomendasi menarik buat Anda yang berkunjung ke Malioboro. Tidak kalah enak dengan lumpia Semarang loh. Untuk harganya tak perlu kawatir karena masih sangat terjangkau. Satu buah lumpia biasa hanya Rp 2.000, Rp 3.000 untuk lumpia ayam dan Rp 3.500 untuk yang spesial. Jangan lupa jam operasinya mulai dari jam 12.00 hingga malam. 

0 komentar: