Rabu, 16 Oktober 2013

MAKANAN INI LEBIH HITS DIMAKAN DENGAN SINGKONG



Ini dia bahan makanan yang banyak ditemukan di berbagai daerah. Singkong banyak dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai makanan unik seperti tape, peyem, dan tiwul. Singkong memiliki banyak kandungan nutrisi khususnya sebagai penambah energi.
Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori dibandingkan kentang. Dalam 100 gr singkong terdapat 160 kalori yang sebagian besar berasal dari sukrosa yaitu 69 persen dari total gula. Selain itu mengandung amilosa yang merupakan gula, sumber karbohidrat kompleks sekitar 16-71%. Oleh karena konsumsi singkong harus tetap dibatasi dan tidak lupa untuk konsumsi sayuran dan bahan makanan yang mengandung protein.
Singkong juga mengandung vitamin B6, thiamin, asam folat dan riboflavin, magnesium, zat besi dan mangan. Melihat kandungan gizinya sajian singkong memang tidak bisa dianggap remeh. Singkong tak hanya bisa diolah tapi juga menjadi pendamping berbagai makanan yang tentunya punya cita rasa lebih hits dari biasanya.

Rendang
Rendang memiliki cita rasa luar biasa dengan bumbunya yang nendang abis. Tidak salah kalau ternyata rendang menjadi salah satu makanan Indonesia yang mulai go internasional. Paduan rendang dan singkong akan semakin nikmat jika bumbu rendang dilumuri secara merata pada permukaan singkong. Asalkan singkong direbus hingga empuk.

Kaledo
Ciri khasnya berupa kaki lembu dengan cita rasa asam, gurih dan pedas. Makanan khas Sulawesi Tengah ini jadi menu favorit saat hari raya Idul Adha. Bagi masyarakat Sulawesi Tengan kaledo lebih klik dimakan dengan singkong daripada nasi. Apalagi ditambah bawang goreng dan jeruk nipis dijamin lidah semkin bergoyang.

Sop Ubi
Sop ubi merupakan makanan khas Makassar. Namun saat ini sudah jarang menemukan masakan ini dipinggir jalan sekalipun. Mirip seperti sop pada umumnya berupa sup bening yang berisi rebusan daging ditambah singkong goreng yang telah dipotong dadu. Sup ubi memang paling pas disajikan selagi hangat.

Soto Singkong

Soto singkong ini terdapat disebuah warung makan Bu Rasmo di Probolinggo. Soto singkong Bu Rasmo hampir sama dengan soto pada umumnya. Hanya saja soto tidak ditambahkan irisan telor rebus dan kentang, tapi diganti singkong. Bila Anda pecinta soto wajib mencoba kuliner ini rasanya enak dan juga unik. 

0 komentar: