Kamis, 03 Oktober 2013

CARA TEPAT MENGOLAH SAYURAN


Makanan yang masuk kedalam tubuh harus memiliki nutrisi penting untuk bahan bakar tubuh. Termasuk sayuran yang banyak mengandung serat dan vitamin. Sayuran memiliki tekhnik pengolahan yang harus diperhatikan agar tidak kehilangan sejumlah zat gizi. Nah berikut ada beberapa tips yang tepat untuk mengolah sayuran.

1.  Tumis atau rebus wortel
Wortel adalah sumber terbaik vitamin C dan karoten. Cara tepat mengolahnya adalah dengan cara direbus atau ditumis. Wortel yang direbus dapat meningkatkan karotenoid sebesar 14%. Serat-serat pada dinding sel wortel akan mengikat karotenoid. Saat dipanaskan senyawa tersebut akan terlepas sehingga saluran pencernaan akan lebih mudah menangkapnya.
Dalam sebuah studi disebutkan bahwa level antioksidan pada wortel akan meningkat setelah direbus. Sedangkan vitamin C pada wortel hanya berkurang sedikit.

2.  Tambahkan minyak zaitun
Tambahan minyak zaitun sangat tepat untuk sayuran berwarna hijau. Selain warna asli sayuran tetap terjaga, lemak dari minyak akan membantu menyerap nutrisi yang dilepaskan saat proses pemanasan berlangsung. 

3.  Diamkan bawang putih
Untuk mendapatkan manfaat optimal dari bawang putih, diamkan selama 15 menit setelah dicincang. Bawang putih yang telah terpapar udara dapat meningkatkan reaksi enzim untuk mencegah terjadinya kanker.

4.  Potong sayuran dalam potongan besar
Langkah ini bisa dilakukan untuk makanan sejenis ubi. Potong sayuran dengan ukuran besar atau masak dalam keadaan sayuran utuh. Hal ini dilakukan agar permukaan tidak terpapar seluruhnya oleh air dan panas yang dapat merusak vitamin.

5.  Rebus kentang beserta kulit

Kentang yang direbus langsung bersama kulitnya dapat menjaga kandungan vitamin C. Jangan lupa menutup panci agar proses pematangan lebih cepat. Pengolahan sayuran dalam waktu lama dapat mengakibatkan hilangnya sejumlah nutrisi. 

0 komentar: