Jumat, 14 Juni 2013

BAHAN PENGGANTI TELUR, MENTEGA, DAN GULA

Makanan yang kita makan sehari-hari bukan sekedar enak dan lezat, tapi juga harus sehat. Namun, seringkali makanan lezat tidak bisa dinikmati oleh banyak orang. Sebagian masyarakat khawatir makanan lezat dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Seperti kue misalnya. Rasa manis kue yang berasal dari gula dapat meningkatkan kadar gula darah bagi penderita Diabetes Melitus. Mentega dengan kadungan lemak yang tinggi serta telur menjadi bahan penting dalam pembuatan kue.

Namun kali ini Anda tak perlu khawatir lagi. Beberapa bahan berikut ini dapat membantu untuk menggantikan penggunaan telur, gula maupun mentega dalam pembuatan kue. 
 http://pixelatedcrumb.com

Bahan Pengganti Gula
Selain berfungsi untuk memberikan rasa manis, gula mampu mencegah terbentuknya gluten sehingga kue menjadi lebih lembut. Namun, gula memiliki kalori tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.
Anda dapat mengganti gula dengan agave. Agave berasal dari tumbuhan yang menghasilkan rasa manis alami. Selain sebagai pengganti gula agave berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Bahan lain pengganti gula yaitu Truvia. Bahan ini berasal dari daun stevia dan bebas kalori.

Bahan Pengganti Mentega
Sebagai pengganti mentega, Anda dapat memanfaatkan canoli oil. Canoli oil dihasilkan dari biji kanola yang mengahsilkan lemak tak jenuh. Lemak ini sangat baik untuk tubuh, karena mampu menurunkan lemak jahat yang berpotensi mengurangi resiko jantung.

Bahan Pengganti Telur
Fungsi telur dalam pembuatan kue yaitu memberikan tekstur ringan dan berfungsi mengikat adonan. Bahan pengganti telur yaitu dengan cuka apel. Cuka apel memiliki fungsi yang sama seperti telur dalam mengembangkan adonan.
Selain itu ada pula flaxseed bubuk. Flaxseed bubuk mengandung omega 3 dan serat.

0 komentar: