Sabtu, 12 Januari 2013

JUS ALPUKAT MENURUNKAN BERAT BADAN



Alpukat menjadi buah yang banyak dihindari oleh sebagian orang. Terutama bagi mereka yang menjalankan diet penurunan berat badan. Kandungan lemak yang terdapat pada alpukatlah yang menjadi penyebabnya. Pengetahuan tersebut membuat banyak orang menjudge jus alpukat, sebagai salah satu penyebab peningkatan berat badan. Buah alpukat sendiri memang banyak mengandung lemak. Tapi, apakah kandungan lemak tersebut mampu meningkatkan berat badan? Namun sebaliknya  lemak yang terkandung dalam jus alpukat mampu menurunkan berat badan dengan baik. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Queenland, Australia menyebutkan bahwa makan setengah hingga satu setengah buah alpukat setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol yang rendah didalam tubuh tidak menyebabkan seseorang mengalami kegemukan. Oleh karena itu tak perlu khawatir dengan kandungan lemak yang terdapat pada alpukat. 

100 gr alpukat mengandung  16 gr lemak atau 167 kalori dalam tubuh. Kandungan lemak yang terdapat buah alpukat tergolong kedalam asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak tak jenuh tunggal yang sama dengan omega-3. Lemak tersebut memiliki peran penting didalam tubuh. Tingginya asam lemak tak jenuh tunggal mampu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. sebuah penelitian lain juga menyebutkan, bahwa seseorang yang menjalankan diet dengan konsumsi lemak tak jenuh tunggal mampu membakar lemak tubuh terutama pada bagian perut. 

Bagi para penderita diabetes khususnya, kadar gula arah yang tinggi mampu micu penyimpanan lemak dalam tubuh terutama pada bagian perut maupun pinggul. Tetapi hal ini dapat dicegah, dengan adanya lemak tak jenuh tunggal mampu mencegah terjadinya penimbunan lemak yang berlebihan pada bagian pinggul maupun perut. Hal ini juga berlaku untuk orang yang mengalami kegemukan. 

Kandungan lain yang terdapat pada jus alpukat adalah serat. Kandungan serat tersebut mampu menyerap kolesterol hingga terbuang bersama sampah makanan. Dalam 100 gr alpukat terdapat 10gr serat. Keadaan tersebut mampu memenuhi kebutuhan tubuh sebesar 40%. Serat dalam alpukat berupa serat larut air yang berfungsi memperlancar sistem pencernaan dalam proses pembuangan dan mencegah sembelit. Selain itu, alpukat memiliki kandungan kalium yang lebih besar dibandingkan dengan buah pisang. 

Minum jus alpukat adalah salah satu diet yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun hal ini perlu diperhatiakan, hindari penambahan gula atau susu kental manis pada jus alpukat. Penambahan gula ataupun susu dapat menambah kalori pada tubuh. 10 gr gula pasir atau satu sendok makan gula pasir menyumbang 36,4 kalori pada tubuh. 

Pilih alpukat dengan kualitas baik sebelum dibuat jus. alpukat yang telah matang ketika ditekan akan terasa lunak. Goyang alpukat jika suara biji alpukat terdengar alpukat telah matang. Gunakan tusuk gigi untuk menusuk pangkal alpukat, jika alpukat telah matang maka tusuk gigi akan masuk dengan mudah. Selain itu kulit yang mudah mengelupas juga menunjukkan bahwa alpukat telah matang.

0 komentar: