Selasa, 29 Januari 2013

Gogirl! Pop Writing Issue


Review Majalah Gogirl! Januari 2013

Punya segudang ide menarik buat nulis, itu bagus. Tapi tau nggak bikin tulisan yang bagus dan enak dibaca? Atau udah sering masukin naskah cerita kamu ke penerbit tapi ditolak. Sebenarnya itu naskah kurang apa ya? Segudang pertanyaan itu semua bisa terjawab. Majalah Gogirls! edisi Januari 2013 ini punya jawaban tepat. Satu dari sekian banyak majalah yang mengupas tuntas tentang dunia tulis menulis.

Alexander Thian “Jangan memikirkan apakah nanti tulisannya akan bagus atau jelek. Yang paling penting adalah terus menulis”. 

Ini dia yang susah didapetin dimana-mana. Mulai dari creative writing non fiction formula, kesempatan yang datang dari menulis, sampai pembahasan tentang tips menarik dari berbagai profesi menulis. Itu juga yang menjadi salah satu artikel favorit aku. Creative writing ternyata punya point-point tertentu yang perlu diperhatikan. Setiap kalimatnya ditulis secara singkat nggak bertele-tele dan tentunya mudah untuk dipahami. Dapet tips menulis dari berbagai profesi penulis bikin kita semangat menyelesaikan tulisan yang cuman stuck disitu aja. it’s so inspiring.

“Mau nulis sesuatu, kita harus mempelajari sampe ngerti apa yang mau kamu bahas. Kalau cuma ngumpulin data dan nulis tanpa dimengerti, kualitas tulisan akan cenderung standar”. Anita Moran (Editor in chef Gogirl!)
Percaya nggak percaya dari cuman nulis di twitter bisa jadi guide kita buat nulis buku. Banyak cerita dari para penulis yang mengawali hobinya dari menulis di twitter. Salah satunya Bernard Batubara penulis buku Radio Galau FM. 

Menulis apapun itu nggak pernah lepas dari yang namanya penerbit. Itu juga yang  bakal jadi kajian menarik di majalah ini. Kita bakal tau naskah cerita yang dikirim sebenernya diapain aja. Dan menariknya kita juga bakal tau dimana letak kesalahan  naskah cerita sampai nggak diterima sama penerbit. Bisa jadi kan kalau ternyata ceritanya basi atau jangan-jangan ngebosenin, seperti cerita yang sudah-sudah. So nggak mau kan kalau naskah cerita kita ditolak lagi?  
Kisah inspiratif bisa didapetin dari Kelsey Chow yang juga jadi cover majalah Gogirl! That’s good choice. Ada cerita menarik juga tentang musik, film dan buku menarik di bulan ini. Tidak hanya itu trend fashion yang tidak pernah ketinggalan dibahas, so kita nggak bakal ketinggalan jaman all about trend fashion in the world pastinya. Meskipun halaman fashion ditampilkan lebih banyak daripada temanya, but Gogirl! mengupas Pop Writing secara ringkas dan menyeluruh. I like this magazine, Gogirl! Banyak memberikan pengetahuan dan inspirasi. Terutama tentang dunia tulis menulis yang belum banyak diketahui banyak orang dan tips-tipsnya semoga bisa diapresiasikan. Thank’s Gogirl!........  







0 komentar: