Rabu, 09 Januari 2013

BUAH ANGGUR ATAU JUS ANGGUR

Pernahkah kamu memikirkan bagaimana khasiat buah anggur yang dimakan secara langsung atau anggur yang dibuat jus? Buah anggur sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah anggur yang tergolong keluarga vitaceae ini,  seringkali dibuat dalam bentuk jus. Sebagai minuman yang tak kalah enak dengan buah anggur yang dimakan langsung. Adakalanya kita perlu mengetahui masing-masing manfaat dari tiap proses, apa yang kita makan dan apa yang kita minum. 



 http://www.anneahira.com/images/jus-anggur.jpg
Penelitian Dr. Kelly Decorde dari Universitas Montpellier Prancis, berhasil membuktikan tentang pentingnya mengolah buah dalam bentuk jus. Jus buah memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Dalam penelitian ini menyebutkan bahwa jus anggur memiliki kontribusi terbesar dalam menurunkan kadar kolesterol dan stress pada hamster sebagai bahan penilitian. Menurut Dr. Kelly manfaat buah dan jus buah memiliki relevansi yang signifikan untuk kesehatan. 

Buah anggur yang rasanya manis namun sedikit asam ini, memiliki banyak kasiat dalam tubuh. Kandungan pycnogenol yang terkandung didalam biji buah anggur mampu melenturkan pembuluh darah. Untuk mencegah pembekuan darah penyebab stroke. Oleh karena itu buah anggur sangat baik dikonsumsi bersama bijinya. Tak perlu khawatir dengan bijinya yang dapat menyebabkan usus buntu, karena biji anggur bersifat lunak. 

Bagian kulit buah anggur juga memiliki manfaat yaitu mengandung antioksidan. Antioksidan yang berupa resveratrol mampu menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Sehingga dapat  mengurangi resiko terjadinya penyakit degeneratif seperti kanker dan jantung. Selain itu buah anggur kaya akan kalium. Kalium mampu membuang natrium atau garam yang berlebih pada penderita hipertensi.  Manfaat buah anggur lainnya dapat mencegah kerusakan oksidatif pada retina mata. 


Buah anggur dapat dikonsumsi cukup 6-8 buah saja, tapi tidak setiap hari. Karena kandungan penting yang terdapat pada beberapa buah anggur saja telah mencukupi kebutuhan tubuh. Konsumsi buah anggur dianjurkan dengan kulit maupun bijinya karena khasiatnya yang besar dalam tubuh. Tentunya dengan tidak melupakan mencuci buah anggur dengan pencuci buah yang tersedia sebelum dikonsumsi. 


Bagaimana dengan jus anggur? Ada beberapa hal yang menyebabkan buah dibuat dalam bentuk jus . Jus anggur merupakan terapi yang sangat baik untuk gangguan pencernaan. Proses pembuatan jus dilakukan dengan meremas buah untuk mengeluarkan enzym tambahan pada daging buah, sehingga dapat dimanfaatkan dalam tubuh. Sedangkan buah yang dikonsumsi secara langsung, daging buah tidak mampu mengeluarkan enzyim dengan sendirinya. Proses pembuatan jus dengan juicer dan blender itu berbeda. Untuk mendapatkan serat pada buah dapat menggunakan blender sedangkan juicer digunakan untuk mendapatkan sari buah tanpa ampas.   

Bagaimana cara mendapatkan buah anggur yang berkualitas baik?  Pilih buah anggur dengan bentuk bulat agak lonjong dan memiliki ukuran yang hampir sama bentuknya. Buah anggur berkualitas baik adalah yang masih menyatu dengan tangkainya dan permukaannya licin. Untuk membuat jus gunakan anggur yang berwarna ungu atau merah yang kaya zat besi. Jus anggur dapat diminum satu kali dalam sehari. Konsumsi jus tanpa gula lebih baik karena buah anggur telah mengandung fruktosa (gula buah).

0 komentar: