Selasa, 12 Mei 2015

MY EXPERIENCE WITH IPHONE 5

Iphone 5, Apple, Handphone, Iphone
Iphone 5
Sejak November lalu saya memilih iphone 5 sebagai alat komunikasi. Saat itu saya memang sedang mencari handphone yang memudahkan segala aktivitas. Sebagai bahan pertimbangan iphone 5 memiliki kamera berkualitas baik, kecepatan internet saat browsing dan aktivitas menulis yang sering saya lakukan ketika berada dalam perjalanan. Mengapa memilih iphone untuk menulis? bagi saya iphone lebih praktis saat dibawa kemana saja.

Bentuknya juga terlihat lebih menarik karena lebih tipis dari seri di bawahnya. Mudah dan ringan jadi andalan iphone 5 untuk bisa digunakan saat melakukan aktivitas di luar ruangan sekalipun. Layarnya berukuran 4 inci dengan resolusi 640 x 1136 pixel sangat tepat. Tidak terlalu besar ataupun kecil untuk ukuran handphone, sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas kecil.

Handphone ini memberikan kemudahan selama saya menulis dengan memanfaatkan aplikasi word. Sebenarnya iphone sendiri menyediakan aplikasi catatan, namun saya lebih nyaman menggunakan aplikasi word karena memiliki banyak varian seperti perubahan tulisan dan font layaknya menulis pada laptop.

Iphone 5, Apple, Iphone, Handphone
Gambar Kamera Utama Iphone 5
Iphone 5 memiliki kamera utama 8 MP, 3264 x 2448 pixel dan kamera sekunder 1,2 megapixel. Kemampuan kameranya mampu menghasilkan output gambar berkualitas dan warna yang lebih tajam. Ini sangat terasa ketika saya pertama kali menggunakan handphone besutan apple. Apalagi adanya autofocus, LED flas dan HDR foto yang sangat mendukung performa iphone 5. Namun, hasil gambar bagus juga tidak lepas dari pencahayaan yang baik. 

Sedangkan kamera sekundernya hanya memiliki 1,2 megapixel. Meskipun kulitasnya lebih besar dari generasi sebelumnya yaitu iphone 4s yang hanya VGA hasilnya memang kurang bersih. Jadi kurang cocok untuk foto selfie yang mengandalkan kamera sekunder. Pengalaman selama umroh di tanah suci, saya banyak memanfaatkan handphone untuk foto daripada harus membawa kamera.

Beruntung saya menggunakan iphone 5 karena di tempat-tempat tertentu seperti Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memang tidak boleh membawa kamera baik kamera digital maupun DSLR. Kamera iphone ini menjadi andalan saya untuk mengabadikan momen di sudut-sudut cantik masjid.

Menariknya banyak gambar yang saya share di media sosial seperti path maupun instagram tidak banyak memainkan efek yang terdapat di sosial media. Karena kamera utama iphone 5 sudah cukup baik memiliki gambar berkualitas dengan pencahayaan yang tepat.

Sayangnya kamera handphone memang tidak bisa bersanding dengan kemampuan DSLR. Meskipun jenis iphone memiliki kamera 8 MP, ketika gambar masuk laptop tampilan tidak cukup baik seperti hasil yang terdapat di handphone. Uniknya gambar di laptop saat diperbesar atau zoom tidak pecah.  

Body iphone 5 dengan dimensi 123,8 x 58,6 x 7,6 mm (4,87 x 2,31 x 0.30 in) dan berat 112 g (3.95 oz) memudahkan saya selama menulis. Baik dengan tampilan horizontal maupun vertikal dengan dua tangan dan mudah digenggam dalam satu tangan. Layar multitouch-nya juga diproteksi dengan corning gorilla glass sehingga tidak lagi membutuhkan screen protector. Layarnya memang tahan goresan tapi menurut saya masih terdapat goresan kecil-kecil layaknya debu. Selain itu desainnya juga sederhana namun tetap eksklusif.

Selama berada dalam perjalanan saya terbiasa menulis, untuk itu koneksi internet cepat menjadi kebutuhan penting. Jaringan 3G dengan koneksi internet yang baik sangat membantu selama berselancar di dunia maya dengan safari. Saya juga menggunakan paket kartu XL dan selama perjalanan jaringan terkoneksi dengan baik. Aplikasi safari iphone juga memungkinkan untuk membuka dua jendela sekaligus saat browsing.

Iphone 5, Apple, Iphone, Handphone
Ibook Iphone 5
Saya dapat memanfaatkan waktu luang dengan membaca buku melalui ibook. Aplikasi ini disediakan langsung oleh apple sehingga saya bisa membaca dimana saja tanpa kendala. Pekerjaan saya dapat terlaksana dengan baik. Aplikasi ibook bisa menjadi lemari buku yang dapat dibawa kemana saja.
Iphone 5, Apple, Iphone, Handphone
Ibook Iphone 5  
Saya memiliki iphone 5 dengan memori internal 32 GB dan RAM 1 GB. Baterainya juga tahan lama namun untuk penggunaan internet dan media sosial berlebihan baterai cepat berkurang dan panas. Mungkin kejadian ini sama dengan beberapa jenis handphone lainnya.

Untuk menghemat baterai lebih baik kurangi cahaya iphone terutama saat udara panas. Cahaya yang terlalu terang bisa menghabiskan baterai. Selain itu bila dalam perjalanan tidak ditemukan sinyal 3G lebih baik matikan jaringan atau ganti dengan jaringan 2G. Hal ini ternyata juga bisa mengurangi kapasitas baterai.

Iphone 5, Apple, Iphone, Handphone
Mudah Membaca Buku dengan Ibook Iphone 5
Iphone 5 memberikan banyak manfaat dan memudahkan segala aktivitas. Meskipun terdapat beberapa kukurangan namun tidak menutup kemungkinan terhadap kelebihan yang dimilikinya. Iphone 5 cocok digunakan bagi Anda yang mencari alat komunikasi praktis dengan fitur menarik seperti kamera terutama bagi yang gemar travelling. Selain itu informasi cepat dan catatan yang memudahkan selama perjalanan untuk writer atau editor. 

0 komentar: