Selasa, 05 Mei 2015

HIDUP SEHAT DENGAN INFUSED WATER, INFUSED ICE TUBE DAN FRUIT POPSICLE

Infused Water, Hidup Sehat

Tren infused water ternyata menjadi gaya hidup sehat baru yang saat ini sedang berkembang di masyarakat. Teknik yang dilakukan juga sederhana yaitu dengan memasukkan potongan buah kedalam air. Kemudian didiamkan dalam kulkas selama 3 hingga 5 jam. Aroma dan rasa infused water inilah yang kemudian menjadi pembangkit selera untuk mengkonsumsi cairan setiap hari. 

Taukah Anda bila kebutuhan cairan seseorang setiap hari ternyata berbeda-beda? Bisa lebih dari 2 liter sehari tergantung dari berat badan dan aktivitas masing-masing. Untuk mengetahui kebutuhan masing-masing individu rumusnya 30 ml x Berat Badan (BB) untuk volume air minum minimal. Bila sedang berolahraga jumlah air putih haruslah ditambah.  

Hadirnya infused water merupakan cara baru untuk memenuhi kebutuhan cairan seseorang. Terutama bagi orang yang malas untuk minum air putih dan anak-anak yang tidak suka buah. Infused water juga dapat membantu mengurangi minuman yang tidak sehat. Banyak orang menggantikan minum air putih dengan mengkonsumsi kopi, teh, sirup atau minuman lain yang memiliki rasa manis. Berbagai produk minuman juga gencar diiklankan untuk menggantikan air putih.

Padahal minuman tersebut belum bisa dikatakan dapat memenuhi jumlah cairan dalam tubuh. Beberapa minuman bahkan cenderung membuat tubuh dehiderasi karena kandungan kefein yang terkandung didalamnya. Sedangkan untuk minuman kemasan mengandung kadar gula tinggi dan menambah kalori. Mengkonsumsi infused water dinilai lebih sehat daripada jus ataupun smoothies sekalipun karena tidak menggunakan bahan tambahan apapun kecuali buah-buahan segar. 

Namun menurut seorang praktisi ahli gizi Jansen Ongko, M.Sc, RD yang juga seorang pelatih fitness menyarankan agar lebih baik bila mengkonsumsi langsung buah ataupun sayuran untuk mendapatkan nutrisi yang optimal. Infused water hanya sebagai alternatif bagi orang yang tidak suka minum air putih karena rasanya yang tawar.

Infused water pertama kali dipopulerkan oleh Amy Pogue. Seorang bloger yang berasal dari Oregon, Amerika Serikat. Ia terinspirasi dari ibunya yang sejak kecil selalu memberinya air dengan potongan lemon. Dari sana Amy kemudian membuat infused water dan men-share idenya melalui blog. Sebelumnya air infus ini juga telah ada sejak abad ke-10 oleh ahli Kimia di Persia. Mereka memasukkan tumbuhan dan rempah-rempah ke dalam air untuk dijadikan obat.
Namun, tidak semua buah bisa digunakan untuk membuat infused water. Hanya buah-buahan yang bercita rasa asam seperti jeruk lemon, jeruk nipis, strawberry, melon, kiwi, belimbing, apel, nanas, pir dan buah plum yang bisa digunakan. Selain itu dari golongan rempah yang beraroma halus seperti daun mint, batang serai dan cengkih. Buah yang terlalu manis tidak dianjurkan untuk membuat infused water karena mudah rusak. Sedangkan gula dan zat patinya akan mudah terfermentasi menjadi asam jika direndam di dalam air dalam waktu lama. Buah yang manis seperti semangka, pepaya, pisang dan mangga juga dapat membuat air menjadi keruh.

Sebaiknya cuci buah sebelum dipotong. Jangan sampai tujuan hidup sehat kita dengan mengkonsumsi banyak air justru malah menimbulkan penyakit. Sebisa mungkin untuk memilih buah organik. Buah organik kaya akan nutrisi dan bebas dari cemaran pestisida sehingga lebih sehat.

Infused Ice Tube & Fruit Popsicle
Hidup sehat, Infused ice tube

Pernah mendengar istilah Infused ice tube? Sebenarnya Infused ice tube hampir sama dengan infused water. Infused ice tube bisa menjadi pilihan menarik bila bosan menikmati infused water. Perbedaannya infused ice tube membentuk buah menjadi es batu sehingga tampilan lebih menarik. Tampilan warnanya juga lebih memikat dengan perpaduan warna yang unik.

Cara membuat infused ice tube cukup mudah, blender buah yang akan digunakan. Tuangkan buah ke dalam cetakan es batu kemudian masukkan ke dalam freezer dan tunggu hingga membeku. Selain buah, untuk membuat infused ice tube bisa dibuat dari sayuran hijau, rempah-rempah (jahe dan kayu manis) dan daun-daunan (mint, rosemary dan lavender).
Hidup sehat, fruit popsicle

Fruit posicle merupakan cara baru untuk menikmati buah. Terutama bagi anak-anak yang tidak suka dengan buah. Fruit popsicle memakai cetakan es krim sehingga bentuknya menyerupai es krim dari  potongan buah-buahan. Cara membuatnya yaitu dengan masukkan potongan buah-buahan kedalam wadah es krim sampai hampir penuh. Tuangkan air putih ke dalam cetakan kemudian masukkan ke lemari pendingin.

Hidup Sehat, Fruit Popsicle

Pilih buah yang beraneka warna agar lebih menarik perhatian si kecil. Anak-anak tentu menyukai warna-warna terang. Selain itu bisa juga menggunakan air kelapa muda agar lebih bervariasi. Fruit popsicle tidak memakai bahan tambahan atau pemanis apapun sehingga jauh lebih sehat. Perpaduan buah-buahan segarnya mengandung berbagai macam vitamin yang baik bagi kesehatan.


0 komentar: