Jumat, 06 Juni 2014

MAKAN APA SAAT MUSIM PANAS


Saat udara panas menyengat, saat itulah tubuh membutuhkan makanan dan minuman ekstra segar dan dingin. Udara panas memicu keringat keluar dari tubuh yang menyebabkan dehidrasi. Pada kondisi tersebut makan makanan yang banyak mengandung air tentu sangat dianjurakan.  

Apa saja makanan yang tetap bisa membuat tubuh tetap dingin meskipun cuaca panas. Kuncinya pilih makanan yang memiliki rasa asam. Untuk buah contohnya terdapat pada tomat, jeruk, strawberry, anggur, nanas dan mangga.

Agar lebih praktis lebih baik buat saja salad buah. keasaman buah mampu mencegah keringat keluar secara berlebihan serta mampu menguatkan lambung saat prose pencernaan makanan.

Selain buah, pilih juga sayuran yang memiliki kandungan air tinggi seperti mentimun, lobak, seladri, brokoli dan wortel. Hampir 95% kandungan dari mentimun berupa air yang mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Minum teh juga cocok saat musim panas. Eits ternyata bukan es teh loh yang diminum saat cuaca panas. Tapi secangkir teh hangat yang ternyata mampu mebuat badan terasa lebih dingin saat cuaca panas. Meskipun kandungan kafeinnya masih dipertanyakan, namun kandungan tannin pada teh mampu mebuat badan terasa dingin.

Makan makanan pedas saat cuaca panas biasanya banyak dihindari. Makanan pedas seperti kari misalnya ternyata cocok untuk cuaca musim panas. Karena makanan ini mampu membuat tubuh berkeringat dan bisa membantu penguapan sehingga suhu tubuh tetap rendah. Gak heran ya kalau Indonesia sebagai negara tropis banyak didominasi makanana pedas.

Salah satu makanan Jepang yang masuk kategori makanan di musim panas adalah sushi. Hidangan dingin ala Jepang ini bisa membuat tubuh lebih segar saat musim panas. Asal tahu saja, ikan salmon banyak ditemukan di Alaska saat musim panas.

Kemudian ada masakan Indonesia yang sudah mulai mendunia yaitu sate. Sate sangat cocok dikonsumsi saat musim panas dengan aroma yang begitu menggoda saat di bakar. Siraman kuah kacang dan kecap sudah cukup membuat lidah bergoyang. Satu lagi makanan yang pas saat musim panas selain sate adalah barbeque. Apalagi saat makan malam dipinggir pantai, tentulah sangat menarik.

Satu lagi yaitu yogurt makanan yang pas saat musim panas. Hasil fermentasi susu ini mampu menjaga kelebihan kadar garam dan kadar kalori yang tinggi. Anda bisa mengkreasikan yogurt untuk pengganti bahan tinggi lemak seperti krim, susu maupun mayones.




0 komentar: