Kamis, 20 Desember 2012

PERAN SERTA KOPI DALAM KEHIDUPAN

Kopi bila dikonsumsi dengan baik memiliki manfaat bagi kesehatan. Tapi bila kopi dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan efek yang tidak baik bagi kesehatan. 


http://katakabar.com/images/a-aangopi.jpg


Dalam kopi terdapat kandungan asam klorogenik yang mampu memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik dapat merangsang pembentukan GLP-1, suatu zat kimia yang mampu meningkatkan hormon insulin (hormon yang berperan dalam proses penyerapan gula). Selain itu kopi juga mengandung trigonelin (pro Vitamin B3) yang dapat memperlambat penyerapan glukosa. Sehingga kopi dapat berfungsi mengurangi resiko terjadinya Diabetes Melitus tipe 2.
Dari dua puluh penelitian yang dilakukan di seluruh dunia, kopi mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit Diabetes Melitus tipe 2 hingga 50%. Kopi juga melindungi hati dari serosis, terutama akibat alkohol.
Selain itu kopi berperan dalam mengurangi resiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar. Kandungan senyawa fitokimia pada kopi bersifat antioksidan yang dapat melawan senyawa radikal bebas akibat kanker.  
Tanggapan masyarakat bahwa kopi dapat meningkatkan terjadinya penyakit jantung dan stroke tidak sepenuhnya benar. Efek kafein pada kopi dapat memacu kerja jantung dan mampu mensuplai darah ke otak agar tidak cepat kehilangan tenaga.
Kopi yang dikonsumsi secara berlebihan mampu memberikan efek negatif pada tubuh. Konsumsi kopi berlebih dapat menyebabkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala terasa pusing dan menimbulkan rasa cemas. Selain itu zat additif pada kopi menyebabkan ketergantungan.  Konsumsi kafein lebih dari 150mg dapat menimbulkan masalah yang serius.
 Konsumsi kopi dalam jumlah yang cukup dalam sehari cukup satu sampai 3 cangkir dalam sehari bagi orang sehat. Perhatian bagi ibu hamil, anak-anak dan orang tua yang memiliki penyakit jantung dan hipertensi hendaknya mengikuti anjuran dari dokter.
Kopi memiliki beberapa fungsi sebagai perannya dalam kehidupan sehari-hari.
Bagi para wanita sudah sering terdengar bahwa bubuk kopi mampu melembutkan kulit. Kopi menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk kulit. Fungsi lain kopi adalah sebagai nutrisi otak. Mengkonsumsi kopi dalam batas yang wajar mampu menjaga fungsi otak tetap bekerja. Selain itu dapat mencegah timbulnya kolestrol dan penyakit pikun yaitu alzeimer.
Manfaat kopi yang tidak kalah unik adalah menyerap bau sekitar ruangan yang tidak sedap. Tips ini saya dapatkan dari saudara saya pada saat saya akan membawa gulai. Bau gulai tersebut dikhawatirkan dapat mengkontaminasi ruangan mobil yang ber ac. Saudara saya menaburkan bubuk kopi didalam bungkus gulai. Ajaibnya ruangan mobil tidak terkontaminasi oleh bau yang tidak sedap. Ternyata efek kopi dapat menyerap bau yang tidak sedap.

0 komentar: