Minggu, 21 Desember 2014

TREN KULINER DI TAHUN 2015

Tahun 2014 tinggal menghitung hari. Apa saja sih yang sudah dipersiapkan untuk menyambut awal tahun ini? Ternyata dunia kuliner kali ini memang diprediksi akan terus meningkat tahun 2015. Termasuk bisnis kuliner pun akan semakin marak di tahun mendatang.

Dari hasil riset kali ini produksi makanan sehat akan semakin marak di tahun 2015. Kepedulain masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat menjadi hal utama. Diet sehat dari bahan makanan alami akan semakin gencar digalakkan. Maraknya jumlah penderita penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, stroke memang semakin menghawatirkan.
Masyarakat saat ini lebih peduli tentang pentingnya kesehatan. 

Termasuk teknik pengolahan makanan sehat akan banyak diperkenalkan oleh chef-chef handal. Beberapa waktu lalu kimchi, sawi fermentasi dari Korea Selatan bahkan ditetapkan sebagai makanan tersehat di dunia. Bisa jadi kimchi akan jadi kunci bagi tren di Asia untuk menciptakan makanan yang akan populer di tahun 2015. Intip yuk makanan apa saja yang akan pupler di tahun 2015 :

1.      Makanan bebas gluten
Diet gluten free lagi marak di luar negeri. Beberapa selebritis seperti Miley Cyrius dan Victoria Becham juga pernah berhasil melakukan diet ini. Jadi nggak heran kalau kedepan akan banyak makanan khususnya jenis pastry gluten free. Bahan pengganti tepung terigu bisa menggunakan tepung jagung, tepung kacang polong, tepung tempe, tepung tapioca dan ganyong.

Tapi sebenarnya diet gluten itu lebih dikhususkan bagi mereka yang memang alergi terhadap gluten. Seperti pada penderita autis atau penyakit celiac.
Selama tidak mengalami masalah serius dengan gluten, sah-sah saja untuk mengkonsumsi makanan dengan gluten.


 2.      Makanan alami
Makanan sehat memang didapat dari bahan makanan alami. Buah-buahan dan sayuran segar salah satunya. Kandungan gizi pada makanan segar lebih baik daripada setelah diolah. Selain itu bahan makanan organik yang dikembangkan tanpa menggunakan bahan kimia juga banyak mendapat perhatian.

3.      Makanan fermentasi

Makanan ferementasi memang sudah diterapkan di Indonesia seperti tapai ketan. Untuk produk olahan ada yogurt sebagai fermentasi susu. Ditetapkannya kimchi sebagai makanan tersehat di dunia bisa menjadi pemicu munculnya makanan fermentasi lain yang diprediksi akan populer di tahun 2015. 

0 komentar: