Selasa, 16 Oktober 2012

Spring In London

Sebuah novel karya Ilana Tan
Novel ini merupakan novel keempat karya Ilana Tan. Setelah sebelumnya Ilana Tan merilis novel-novel lain yaitu Shummer in Seol, Winter in Tokyo dan Autumn in Paris. Semua novelnya memiliki latar dan background negara lain. Keempat novelnya pun memiliki keterkaitan pada setiap tokoh utamanya. Meskipun ceritanya tidak memiliki keterkaitan antara satu sama lain. Seperti halnya dalam novel ini Naomi Ishida adalah suadara kembar dari Keiko Ishida dalam novelnya Winter in Tokyo.
Kesamaan lainnya yaitu keempat novel memiliki kisah masa lalu. Ilana Tan berusaha menggambarkan kisah romantis pada keempat novelnya. Dan sukses membawa pembaca untuk bisa menikmati kisah romantis dalam novel Spring in London ini. Tak ayal bahwa novel ini bisa menjadi buku best seller, karena ternyata genre romantis masih sangat diminati oleh para pembaca dan dengan latar sebuah negara diluar Indonesia.
Dari keempat novel Ilana Tan, Spring in London adalah novel yang lebih menarik diantara lainnya menurutku. Walaupun kisah Spring in London ini cukup bisa ditebak bagaimana endingnya. Alur ceritanya cukup bagus dengan gaya bahasa yang mudah dipahami. Sayangnya tidak menampilkan gaya bahasa inggris yang biasanya terdapat pada novel-novel yang mengambil latar belakang sebuah negara. Gambar cover depan juga sangat mendukung meskipun sederhana.
Naomi Ishida dan Danny Jo bertemu pada saat menjadi model dalam sebuah vidio musik. Naomi yang telah mengetahui siapa Danny Jo sebenarnya, mulai mengahindarinya. Danny Jo berusaha berusaha mendekati naomi. Kedekatan mereka membuat naomi merasa nyaman dan terbiasa bersama Danny Jo. Naomi yang pendiam dan tertutup kini berubah menjadi sosok yang ceria dan terbuka, itu pula yang disadari teman – teman satu flatnya Crhis dan Julie. Hingga suatu hari setelah acara pertunjukan Julie, Crhis mengadakan sebuah pesta yang membawa naomi bertemu dengan salah satu orang yang terkait dengan masa lalunya. Naomi bertemu salah satu teman masa lalunya, dan sangat dikenal oleh Danny Jo. Peristiwa tersebut mengantarkan keingin tahuan Danny Jo akan sosok seorang Naomi yang ternyata memiliki masa lalu kelam bersama almarhum kakaknya dulu. Dengan kejadian tersebut membuat Naomi berfikir ulang tentang hubungannya dengan Danny Jo. Hingga suatu hari Naomi memutuskan untuk kembali ke Tokyo dan Danny Jo kembali pada tujuannya semula untuk menjadi seorang sutradara. Samapi akhirnya mereka dipertemukan kembali di Korea setelah dalam sebuah pemotretan milik kakak Danny, Anna Jo.    

0 komentar: