Rabu, 04 November 2015

KONSUMSI 5 MAKANAN INI SAAT PATAH HATI

Editor’s Note 
Makanan penghilang bad mood, makanan pereda patah hati

Kamu pasti pernah merasakan yang namanya patah hati. Entah itu putus sama pacar atau gebetan yang diambil orang. Keadaan kayak gini bikin hati jadi sedih gak karuan. Belum lagi bikin kita langsung bad mood luar biasa dan dampaknya gak semangat buat ngelakuin sesuatu.

Sebenarnya keadaan ini bisa diatasi lho dengan konsumsi makanan yang baik dan bergizi. Karena selain bergizi dalam beberapa makanan berikut ini juga mengandung senyawa kimia penting untuk memulihkan mood.

Menurut hasil penelitian nutrisi menyebutkan, bahwa antara makanan dan suasana hati memang saling berkaitan. Ada beberapa makanan yang seringkali membuat kita mudah cemas. Ada pula makanan yang mampu meningkatkan kualitas otak bahkan makanan yang membuat kecanduan.

Coba deh masukan beberapa makanan berikut dalam menu makan siangmu dikala suasana hati mulai gak menentu.

1.      Ikan
Kandungan omega 3 salah satunya terdapat pada jenis ikan yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Otak yang mendapat suplai oksigen mampu memberikan ketenangan pikiran.
Omega 3 juga terdapat pada minyak ikan, dapat membantu bekerja lebih baik dan menekan hormon stress. Coba perhatikan ada kata ikan dalam baikan. Ya siapa tahu habis makan ikan kalian yang patah hati bisa balikan.

2.      Alpukat
Banyak orang mengira bahwa alpukat mengandung lemak yang bisa menyebabkan badan gemuk. Padahal lemak yang terdapat pada alpukat adalah jenis lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu jenis asam lemak tak jenuh adalah asam oleat. Fungsinya yaitu menurunkan resiko penyakit jantung. Hati-hati jantungmu akan berdebar-debar saat patah hati.

3.      Es krim
Coba perhatikan anak kecil yang sedang makan es krim. Pasti raut wajahnya memancarkan kebahagiaan. Menurut para ahli konsumsi es krim dapat merangsang otak untuk mengendalikan mood menjadi lebih baik. Es krim mengandung banyak asam amino tryptophan yang bisa menenangkan otak dan mampu mengurangi stress.

4.      Teh Herbal
Pernah mencoba teh herbal? Kalau belum coba sekali-kali nikmati teh herbal seperti Chamomile, Gringer atau Ginseng. Teh herbal mampu menenangkan sel-sel syaraf sehingga bisa lebih rileks dan tidak tegang. Kamu juga bisa lebih nyenyak saat tidur di malam hari.

5.      Cokelat
Kalau lagi bad mood pasti salah satu makanan incaranmu adalah cokelat. Yup, benar sekali karena cokelat mengandung theobromine dan phenylethyamine yang berfungsi untuk meningkatkan mood. Selain mengendalikan stress, cokelat juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas dalam tubuh. 

0 komentar: